Thursday, December 31, 2015

Pillbox

Pernahkah kamu melihat pillbox? Coba perhatikan, mungkin kakek atau nenekmu punya pillbox. Pillbox adalah alat bantu untuk para manula yang memiliki banyak sekali obat. Bentuknya seperti ini.



Ya, pillbox adalah kotak-kotak kecil yang dapat diisi dengan obat harian. Pillbox di atas cukup digunakan untuk satu minggu atau disebut dengan pillbox. Huruf-huruf pada gambar di atas menggambarkan hari. S untuk Sunday (Minggu), M untuk Monday (Senin), T untuk Tuesday (Selasa), W untuk Wednesday (Rabu), T untuk Thursday (Kamis), F untuk Friday (Jumat), S untuk Saturday (Sabtu). Hari-hari pada pillbox disusun urut dari kiri ke kanan. Hal ini bertujuan agar kelupaan dapat dideteksi. Misalnya, sekarang hari Rabu, tapi kotak hari Selasa masih terisi, berarti kemarin lupa minum obat.

Cara menggunakan pillbox mudah sekali. Ketika kamu mendapatkan obat dari dokter, langsung saja dibagi-bagi berdasarkan hari. Misal, obat A diminum 3 x sehari, 1 tablet. Masukkan 3 tablet obat A ke dalam kotak S, 3 lagi ke dalam kotak M, dan seterusnya. Obat B diminum 1 x sehari, 1 tablet. Masukkan 1 tablet obat B ke dalam kotak S, 1 lagi ke dalam kotak M, dan seterusnya.

Karena pillbox dibuat untuk memudahkan para manula, para produsen terus berinovasi. Saat ini, sudah ada pillbox yang dilengkapi dengan alarm (lihat gambar di bawah ini). Jam pada pillbox dapat diatur. Alarm akan berbunyi sesuai keperluan. Misal, ada obat yang harus diminum 4 x sehari. Maka kita dapat mengatur alarm untuk berbunyi sebanyak 4 kali dalam sehari. Misalnya, kita dapat mengatur agar alarm berbunyi pada pukul 7 pagi, pukul 1 siang, pukul 7 malam, dan  pukul 1 dini hari. Ketika alarm berbunyi, maka obat harus diminum sesuai aturan.




Kelemahan dari pillbox di atas adalah tidak dibedakan antara obat yang harus diminum pada pagi, siang, dan malam hari. Andaikata seorang manula mendapat 2 jenis obat. Obat A diminum 3 x sehari, 2 tablet. Obat B diminum 3 x sehari, 1 tablet.  Hal ini bisa jadi membingungkan. Bisa saja seseorang lupa dan hanya meminum obat A sebanyak 1 tablet walaupun pada kotak tersedia 6 tablet.
Jangan khawatir, ada kok, pillbox yang menyediakan obat harian  dengan pemisahan antara obat-obat yang harus diminum pada pagi, siang, dan malam hari.



Mau pillbox seperti gambar di atas tapi ada alarmnya juga? Ada.

Sekarang kamu sudah tahu apa itu pillbox. Benda ini sangat bermanfaat bagi manula. Seperti yang kita ketahui, ingatan dan penglihatan manula sudah jauh menurun dibandingkan saat mereka muda atau dibandingkan dengan kita-kita yang masih muda. Jika nenek/kakek atau bahkan ayah/ibu kamu  punya banyak obat, pillbox adalah kado yang sangat indah bagi mereka.
Semoga bermanfaat. (IKA)

Source:

No comments:

Post a Comment