Thursday, December 31, 2015

Penomoran Halaman Skripsi di Microsoft Word


Halo, Sahabat!

Kali ini saya ingin berbagi info seputar cara menomori halaman dengan format penomoranyang berbeda-beda dalam satu file .doc atau .docx. Info ini akan sangat bermanfaat bagi kamu-kamu yang sedang berjuang ngerjain skripsi. Secara, skripsi itu penomoran halamannya harus beda-beda. Penomoran halaman kata pengantar tentu harus berbeda dengan penomoran halaman Bab I. Ada juga instansi yang mensyaratkan penomoran halaman pada judul bab terletak di bawah dan di tengah halaman, sedangkan penomoran halaman pada isi bab terletak di atas dan di kanan halaman. Untuk menuruti semua ketentuan penulisan skripsi di kampus masing-masing seperti contoh di atas, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

 1.  Tiap model penomoran halaman adalah 1 section. Nah, kalau di skripsi kamu ada bagian yang dinomori dengan huruf romawi dan ada yang dengan angka biasa. Berarti ada 2 section.

2.  Cara membuat section ini, pertama-tama kursor (garis item yang kedap-kedip kalo lagi ngetik) diletakkan di halaman terakhir section 1, yaitu di halaman terakhir yang bernomor halaman romawi. Pada gambar di bawah, halaman terakhir adalah halaman iii. Tempatkan kursor pada bagian terakhir dari isi halaman.


3.  Kemudian, klik Page Layout.





4.  Klik Breaks.



 5.  Klik Next Page.


6.  Kemudian akan ada 2 section, section 2 adalah halaman-halaman yang letaknya setelah halaman terakhir yang bernomor romawi.

7.  Lalu, aktifkan header/footer dengan cara mengklik 2 kali pada bagian atas atau bawah kertas di halaman pertama section 2. Pada contoh yaitu di halaman iv. Akan keluar Header and Footer Tools di atas.



8.  Pada Header and Footer Tools ada tulisan Link to Previous. Kalo tulisan itu berwarna oranye, maka tulisan itu harus di-klik supaya pengubahan nomor halaman pada section tersebut tidak mempengaruhi nomor halaman pada section sebelumnya.


9.  Nomori halaman tiap section sesuka anda. Misal, menggunakan angka (1,2,3). Selesai.  Jika kamu ingin membuat section 3 untuk format halaman yang berbeda lagi, tempatkan kursor (garis item yang kedap-kedip kalo lagi ngetik) di halaman terakhir section 2, lalu ulangi langkah 3 sampai langkah 9.

Gampang kan? Sekarang kamu sudah bisa menomori skripsimu dengan mudah. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!






No comments:

Post a Comment