Saturday, June 10, 2017

Ada Rencana Menikah, Sulit Cari Kerja?



Banyak perusahaan yang tidak mau menerima karyawan yang akan menikah dalam waktu dekat. Saya mengalami ini sendiri. Saya melamar kerja ke berbagai perusahaan dua bulan sebelum menikah. Mungkin karena saya wanita. Kalau untuk pria, mungkin perusahaan-perusahaan itu akan lebih fleksibel.
Kenapa Perusahaan Tidak Mau Terima Karyawan yang Akan Menikah dalam Waktu Dekat?
 Perusahaan tersebut butuh karyawan yang hadir setiap hari. Mengerjakan semua pekerjaan yang selama ini terbengkalai karena tidak ada karyawan full time yang menanganinya. Sementara orang yang akan menikah, harus diberi cuti tiga hari. Untuk wanita, beberapa waktu kemudian, ia akan hamil. Dalam masa kehamilan, mungkin ia butuh waktu untuk tidak hadir karena harus cek kandungan atau beristirahat. Setelah itu, ia akan melahirkan. Cuti melahirkan harus diberikan selama tiga bulan. Pekerjaan akan kembali terbengkalai. Tentu saja perusahaan tidak mau mengalami kerugian akibat ketidakhadiran si karyawan.
Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan sekali-sekali berbohong. Ketika interviewer bertanya kapan akan menikah, katakan dengan jujur. Ketidakjujuran tidak akan pernah berbuah manis. Hasil yang didapat dari pekerjaan juga bisa menjadi tidak berkah. Perusahaan akan merasa tertipu ketika kita tiba-tiba hamil dan melahirkan karena pada saat interview kita mengatakan bahwa kita tidak punya rencana menikah dalam waktu dekat. Katakan apa adanya. Masih ada kok perusahaan yang sangat baik yang mau menerima orang yang hendak menikah dalam waktu dekat. Saya sudah membuktikannya sendiri. Saya diterima di sebuah perusahaan dengan baik. Saya diberikan cuti menikah bahkan dalam surat kontrak saya tertulis ketentuan bahwa saya mendapatkan cuti melahirkan selama tiga bulan. Dengan berusaha di jalan yang baik, dilengkapi dengan berdoa, inshaallah, kita akan mendapat perusahaan yang mau menerima kita apa adanya.

Sumber gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBXIBjGC-ETiYCkLpeBBPIBWu5Jq1_enTgdSGLPTaYZEEUop3M_K2lkDgXYnbu3_6uPXNx-j1I2AD1Bdwe5tiAFw-zgKjQLCC7ld3GB6MvdlrRyr6g5W_p_2sK2tQeLrDL0QfEppbAzA/w1200-h630-p-k-no-nu/Skripsi+Teknik+Industri+ANALISIS+HUBUNGAN+ANTARA+FAKTOR-FAKTOR+YANG+DIGUNAKAN+DALAM+PROSES+REKRUTMEN+TERHADAP+KINERJA+KARYAWAN.png

No comments:

Post a Comment