Saturday, June 10, 2017

Proses Rekrutmen di PT Kimia Farma



Kebetulan di dekat rumah saya ada apotek Kimia Farma. Jaraknya tidak sampai 100 meter. Dapat ditempuh dengan jalan kaki selama 5 menit dari rumah. Iseng, saya datang ke apotek membawa surat lamaran dan CV. Saya diminta ke lantai 2 untuk menyerahkan langsung ke bagian HRD.
Besoknya, saya ditelepon oleh apotek Kimia Farma, diminta datang keesokan harinya untuk tes dan interview.
Tesnya berupa kemampuan baca resep, skrining resep, seven star pharmacist, dan kemampuan teknis perapotekan lainnya. Setelah itu, ada tahap interview dengan HRD. Dites kemampuan bahasa Inggris juga. Berhubung tesnya sudah lama, saya lupa waktu itu ada psikotes atau tidak. Sepertinya sih tidak ada.

Hanya sesimpel itu. Perlu diingat, seluruh rangkaian tes ini tidak dipungut biaya sama sekali. Dua hari kemudian, saya ditelepon dan alhamdulillah dinyatakan diterima. Saya ditugaskan di apotek dekat rumah saya itu. Ada kemungkinan saya dipindahtugaskan, tapi masih di seputar Jakarta. Memang sesimpel itu proses rekrutmen PT Kimia Farma untuk karyawan regional. Berbeda dengan proses rekrtutmen untuk karyawan pusat. Statusnya juga berbeda. Karyawan pusat dapat diangkat menjadi karyawan tetap dalam waktu tiga tahun. Sementara untuk karyawan regional, pengangkatan menjadi karyawan tetap cukup sulit. Rekan saya ada yang sudah bekerja selama enam tahun tapi belum juga diangkat menjadi karyawan tetap. Ya, ada plus minusnya lah ya.

Sumber gambar: http://thamrinusman.untan.ac.id/

1 comment:

  1. tes bahasa inggrisnya seputar apa ya? lisan atau tulisan?

    ReplyDelete