Saturday, June 10, 2017

Proses Rekrutmen di PT Medifarma Laboratories




Saya mengirim surat lamaran dan CV melalui pos. Perusahaan ini jarang mengiklankan lowongan pekerjaan di situs pencari kerja. Mereka biasanya menyebarkannya dari mulut ke mulut. Biasanya para karyawan menawarkan lowongan itu kepada temannya. Atau bekerjasama dengan rekannannya di Darya Varia Group untuk mendapatkan kandidat yang sesuai. Beberapa minggu kemudian, saya dipanggil untuk mengikuti tahap interview. Saya datang ke plant di Depok, tepatnya di Jalan Raya Bogor km 33. Disana saya diwawancarai oleh user dan plant manager. Dua-duanya menggunakan Bahasa Inggris. Bagi yang Bahasa Inggrisnya kurang lancar, jangan berkecil hati. Teruslah berlatih. Dan yang paling penting, jangan nervous. Kalau sudah nervous, sepintar apapun kamu berbahasa Inggris, pasti Bahasa Inggrisnya jadi kacau balau. Tema yang dibahas adalah masalah teknis pekerjaan. Jadi sebaiknya kamu belajar terlebih dahulu sebelum menghadiri interview dengan user dan plant manager.
Setelah itu saya diminta untuk pulang. Beberapa waktu kemudian, saya ditelepon untuk mengikuti psikotes. Tempatnya bukan di plant lagi. Mereka menggunakan jasa konsultan untuk melakukan psikotes. Jadi saya mengikuti psikotes di kantor konsultan psikologi di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tesnya standar aja, ada soal hitungan, analog verbal, draw a man test (DAM test alias tes gambar orang), gambar pohon, dan Wartegg Test. Saya lupa ada Kraeplin/Pauli Test atau tidak karena tesnya sudah terlalu lama.
Setelah lulus, saya diminta untuk melakukan MCU alias medical check up. Mereka menggunakan jasa salah satu lab di daerah Fatmawati Jakarta Selatan untuk melakukan MCU ini. Saya datang ke sana hanya dengan membawa diri. Tinggal ikuti saja instruksi dari petugas lab.
Beberapa waktu kemudian, saya dipanggil lagi untuk menghadiri interview dengan managing director. Posisi tersebut lebih tinggi lagi dibanding plant manager. Asalnya dari Filipina jadi tentu saja interview ini harus dalam bahasa Inggris. Pertanyaannya seputar kehidupan pribadi seperti siapa kamu, siapa orang tuamu, ke plant naik apa, lulusan mana, dan semacamnya.
Beberapa kemudian, HRD menginformasikan hasil dari rangkaian proses rekrutmen melalui telepon. Alhamdulillah saya lulus dan diterima bekerja disana. Perlu diingat, rangkaian proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.



Sumber gambar : https://irrineayu.files.wordpress.com

No comments:

Post a Comment