Saturday, June 10, 2017

Proses Rekrutmen di PT Novell Pharmaceutical Laboratories



Ini proses rekrutmennya sudah sangat lama. Saya bahkan lupa melamar lewat sebuah situs atau lewat pos. Tapi saya ingat betul posisi yang saya lamar, yaitu Product Executive (PE).
Prosesnya dimulai dari tahap psikotes di Head Office daerah Pos Pengumben. Saya sudah agak lupa isi psikotesnya. Yang paling berkesan adalah Kraeplin/Pauli test. Ya, kita diminta menjumlahkan angka-angka dalam banyak lajur. Namun tidak di kertas, melainkan di komputer. Di kertas saja masih suka blank dan lama, apalagi di komputer. Ditambah lagi mouse-nya agak sulit diatur. Ya sudahlah, saya pasrah.
Tahap berikutnya adalah interview dengan HRD. Saya lupa apakah harus lulus dari tahap psikotes dulu baru bisa ikut interview atau semua yang ikut psikotes bisa ikut interview. Yang jelas, interview dan psikotes dilakukan di hari yang sama.
Saya melakukan kesalahan besar pada tahap interview ini. Saya tidak begitu paham tentang posisi yang saya lamar. Memang sebelumnya saya tidak mempelajarinya dulu sih. Jadi saya tidak percaya diri menjawabnya dan terbata-bata. Bahkan interviewernya sampai mengantuk saat mewawancarai saya.

Benar saja, saya tidak lulus. Tidak apa, masih banyak kesempatan lain untuk memperbaiki diri. Perlu diingat, seluruh proses rekrutmen ini bebas biaya alias gratis.

Sumber gambar : http://traininghrd.org/

No comments:

Post a Comment